Hotel Puri Garden terbakar

hotel-puri-gardenia-kebakaran_20170517_110437-640x360

Hotel Puri Garden yang berada di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, terbakar, Rabu (17/5/2017). Api yang menyala di lantai 4 bangunan hotel masih terus berkobar. Berdasarkan pantauan, api masih berkobar di bagian atas bangunan. Kepulan asap hitam membumbung tinggi. Petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api.

Salah seorang petugas keamanan hotel, Jajang (50) mengatakan peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Api berasal dari lantai 4 bangunan hotel. Saat kejadian hanya ada beberapa pegawai hotel. “Sebelum kejadian ada suara pletak-pletak di bawah. Kayaknya korsleting listrik,” kata Jajang saat ditemui di lokasi kejadian.

Hingga berita ini diturunkan sekitar pukul 10.40 WIB, api masih berkobar. Dinas Pemadam dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung mengerahkan 7 unit mobil pemadam kebakaran. Sementara jalan ditutup untuk kepentingan pemadaman.

Kebakaran menjadi permasalahan yang tidak bisa dianggap remeh. Nyala api yang tersebar harus kita hindari agar tidak membakar apa saja yang ada. Bahkan api besar dapat membakar apa saja seperti hutan hingga rumah beserta nyawa yang menempatinya. Mari cegah hal-hal yang dapat menyulut api agar tidak terjadi kebakaran di rumah dan lingkungan sekitar kita. Berikut adalah cara-caranya:

Bijak menggunakan listrik dan peralatannya. Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Di samping itu, hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi, karena apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.

Jauhkan barang-barang pemicu api. Pertama, Anda harus tahu barang apa saja yang dapat memicu api. Tidak hanya korek api, minyak tanah, dan tabung gas saja, tetapi botol-botol parfum dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan api dan anak-anak.

Bijak menggunakan tabung dan kompor gas. Perbanyaklah pengetahuan Anda tentang tabung gas dan kompor gas. Salah satunya adalah dengan tidak menyolok bibir tabung gas dengan pisau. Selain itu, jika Anda merencanakan bepergian untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor.

Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah. Ada baiknya Anda mempunyai alat pemadam kebakaran sederhana di dalam rumah. Pemasangan alat deteksi asap pun akan membawa keuntungan yang lebih bagi Anda.

Waspada Rokok. Bagi perokok, sebaiknya Anda tidak merokok di dalam rumah, karena bara api akan dengan mudah memicu kebakaran. Akan lebih baik lagi jika Anda belajar untuk berhenti merokok. (Bilal)

Sumber: Detiknews, Rumah.com

Leave Comment

0
Connecting
Please wait...
Send a message

Sorry, we aren't online at the moment. Leave a message.

* Your name
* Email
* Phone
Subject
* Describe your issue
Login now

Need more help? Save time by starting your support request online.

* Your name
* Email
Describe your issue
We're online!
Feedback

Help us help you better! Feel free to leave us any additional feedback.

How do you rate our support?